Cara Gampang Pasang Kode Google Analytics di Blog WordPress

Oleh:

Cara Mudah Daftar Dan Memasang Kode Google Analytics Di Blog WordPress - Google analytics merupakan sebuah alat bantu yang sangat mumpuni dalam menyajikan data statistik tentang sebuah web/blog, sehingga di jadikan oleh para webmaster sebagai alat wajib. Dimana google analytics memungkinkan blogger (pengelola blog) atau webmaster dapat memonitor kinerja blognya sehingga dapat dengan mudah mengembangkannya.

Dengan memasang kode pelacakan Google Analytics di blog/web/situs Anda, berbagai data statistik penting dapat Anda ketahui dengan mudah, meliputi trafik, user, page view, bounce rate, keywords, sumber trafik, dan masih banyak lagi. Meskipun gratis, namun produk Google yang satu ini menyediakan fitur yang cukup lengkap.

Cara Gampang Pasang Kode Google Analytics di Blog WordPress

Memasang kode Google Analytics di blog dapat dilakukan melalui dua cara. Cara yang pertama bagi Anda pengguna blog WordPress self hosted adalah melalui plugin. Sementara itu, cara yang kedua yakni dengan menyisipkan script pelacakan pada file footer.php dibawah tag </body>. Dan berikut ini panduan cara install kode Google Analytics di blog WordPress.

Disini saya tidak menjelaskan langkah-langkah mendaftar serta mendapatkan tracking code Google Analytics, saya asumsikan Anda sudah selesai mendaftar dan tinggal memasang kodenya di blog.

Jika Anda menghendaki pemasangan kode pelacakan menggunakan plugin, silakan download dan install plugin Google Analytics dengan mengunjungi URL berikut: 
Langkah-langkahnya tidak perlu saya jelaskan, karena prosesnya sangat mudah.

CARA PASANG KODE PELACAKAN SECARA MANUAL
  1. Copy script Google Analytics
  2. Masuk ke Dashboard WP
  3. Pilih menu Appearance > Themes > Editor > klik file footer.php pada bagian kanan jendela halaman web browser Anda.
  4. Paste script Google Analytics tepat diatas tag </body>
  5. Klik tombol Update file – SELESAI.

CATATAN:
Ada sebagian template wordpressyang sudah menyediakan tempat khusus untuk memasang kode pelacakan google analyitcs pada thema options. Jadi untuk mengecek apakah pada template yang anda gunakan sudah tersedia fitur ini ata belum, silakan masuk ke jendela Theme Options.