CARA MUDAH MENDAFTARKAN BLOG DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS TERBARU 2017

Oleh:

Cara mudah mendaftarkan blog di google webmaster tools terbaru 2017 - Banyak cara yang mesti di lakukan seorang blogger untuk mendapatkan posisi terbaik dari hasil pencarian. Dengan cara natural maupun cara yang kotor. Namun dengan update algoritma mesin pencari saat ini sudah banyak webmaster yang meninggalkan cara-cara yang di anggap illegal karena hal itu dapat menyebabkan web miliknya di depak dari pencarian.

Salah satu cara yang baik untuk membuat blog atau web menjadi lebih akrab dengan mesin pencari seperti google kita dapat menghubungkan situs kita dengan webmaster, bagaimana caranya?

Agar situs (blog) dapat lebih mudah dikenali oleh mesin pencari google, anda harus mensubmit atau mendaftarkan blog di google webmaster tools.

Google webmaster tools

Mengapa Kita Harus Mendaftar Google Webmaster Tools?

Dengan mendaftar Google Webmaster Tools kita bisa menikmati fasilitas yang disediakan secara gratis yang dapat di gunakan untuk memantau semua hal yang terjadi pada Blog, seperti mengetahui berapa jumlah url yang diindex oleh Google, kesalahan perayapan, mengetahui Url yang dicekal oleh Google, dan masih banyak lagi informasi bermanfaat lainnya. Selain itu dengan mendaftarkan blog pada webmaster tools kita juga dapat melihat data Backlink, permasalahan, dan masih banyak lagi manfaat yang ditawarkan oleh Google Webmaster Ini. Dan yang terpenting adalah dengan menggunakan Google Webmaster Tools (Google search console) artikel yang kita tulis dapat lebih mudah terindeks, bahkan bisa muncul pada hasil pencarian hanya dalam hitungan detik.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang ditawarkan oleh Google Webmaster Tools. Dalam kesempatan selanjutnya saya akan bahas lebih lengkap tentang Google Webmaster Tools ini.

Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools Terbaru

  1. Pertama buka halaman google search console
  2. Silakan log in menggunakan akun google anda (Alamat email Gmail dan password).
  3. Setelah berhasil masuk  (Log In) ke Google search Console, anda akan melihat kotak isian. Pilih web, kemudian isi kolom dengan Url Blog anda lalu klik Tambah Properti atau Add Site yang berwarna merah lalu masukkan link url blog anda yang akan di daftarkan ke google web master lalu klik tambah.
  4. Pilih tag HTML, lalu Copy kode tag meta yang di berikan, dan pastekan di Blog anda. Caranya, Pilih menu Template > Klik edit HTML > cari kode <head>, lalu pastekan kode verifikasi google webmaster dibawah kode <head>, Terakhir klik Simpan Template.
  5. Setelah selesai, kembali lagi kehalaman google webmaster tools.
  6. Klik Verify 
  7. Apabila berhasil maka anda akan mendapatka ucapan selamat dari Google.
Setelah anda menemukan pemberitahuan seperti di atas itu artinya blog anda sudah terdaftar di Google webmaster Tools. Bagaimana mudah bukan?

Namun, agar semua postingan terbaca oleh google, maksudnya terindeks oleh mesin pencari google. Sebaiknya setelah blog anda terdaftar di google webmaster tools anda juga mensubmit/memasukkan sitemap blog yang telah didaftarkan. Caranya saat anda berada di beranda pilih perayapan lalu pilih peta situs. Klik TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS lalu masukkan kode ini sitemap.xml lalu klik kirim. 

Setelah itu klik refrresh the page, jika alamat sitemap yang dimasukkan berhasil terindeks, maka teman-teman akan melihat data jumlah halaman yang telah terkirim dan terindeks.

Demikianlah panduan singkat, cara mudah mendaftarkan blog di google webmaster tools terbaru 2017, Terima kasih sampai jumpa lagi.